1



 Wajah Baru Skena Jazz Di Kota Semarang.

 

Longlifemagz – Sebagai kota metropolitan, Semarang selalu dikaitkan sebagai kota ‘anyep’ atas segala kemajemukannya. Tak bisa dipungkiri bahwa dari beberapa lini, Semarang memang masih tertinggal dengan kota-kota besar di Indonesia lainnya. Salah satu yang kentara dari lini youth culture-nya. Meski tak terlalu terlihat, tapi sebenarnya Semarang memiliki kekuatan yang cukup potensial dibidang industri kreatif.

Dari sektor musik, Semarang tentu memiliki banyak musisi lintas genre yang cukup potensial dan tidak kalah bagusnya dengan musisi lain di kota-kota besar. Namun kembali lagi, fasilitator adalah salah satu peraduan yang paling sering jadi pembahasan utama. Kurangnya fasilitas inilah yang kemudian menjadi dasar dari terlahirnya sebuah event dengan konsep yang baru, segar, dan patut dinantikan, Diponegoro Jazz Music Festival.

Sebuah gelaran yang awalnya hanya bertujuan sebagai pelengkap kemeriahan rangkaian Dies Natalis Universitas Diponegoro yang ke-60 Tahun, kemudian bertransformasi menjadi sebuah ‘energi’ baru di ranah musik lokal. Diponegoro Jazz Music Festival (DJF) 2017: Jazz Embrace adalah sebuah entitas wadah bagi para musisi khususnya yang bergerak di ranah skena Jazz untuk mengekspresikan diri dan karya mereka.

“Kami berharap bahwasannya DJF yang akan baru pertama kali digelar di tahun 2017 tepatnya pada 16 – 17 November ini bisa menjadi tempat bersemahyamnya para bibit-bibit unggul Jazz di Kota Semarang dan Nasional. Bisa menjadi triger dan setidaknya menjadi pemanis di dunia hiburan Kota Semarang. “ Tutur panita dalam conferensi pers yang diselenggarakan pekan lalu.

Karena memang tak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya jika ingin menelisik lebih dalam lagi, banyak sekali musisi atau band jazz Semarang yang cukup mencuri perhatian. Terlepas dari musisi senior era 80’an, seperti Kamadhatu, Semeru, sampai Borobudur.

Beberapa nama yang terbilang baru juga sukses mengukirkan tajinya di belantika musik nasional. Sebut saja Absurdnation yang sukses mendapat tempat di helatan Jazz terbesar tanah air, Java Jazz Festival.

Baca : Usung Konsep Retro Game, Pensaga 2017 Kembali Digelar

Sebagai bentuk apresiasi terhadap insan musik Kota Semarang, DJF turut menggandeng gerombolan Jazz senior, DAC serta komunitas yang membesarkan skena Jazz di Kota Loenpia, Jazz Ngisoringin menjadi line-up nya jua.

Pun selain mereka berdua, sebagai highlight-nya, gelaran yang akan diselenggarakan di Widya Puraya Undip ini juga akan dimeriahkan oleh sederet guestar jazz nasional, mulai Dua Drum, Barry Likumahua Project, hingga Yura Yunita. Dan spesialnya lagi, kejutan datang dari adanya kolaborasi antara Barry Likumahuwa Project dengan Dua Drum.

“Buat teman-teman yang ada di Semarang dan sekitarnya, tangga 17 November bakal ada acara keren namanya Diponegoro Jazz Festival di UNDIP. Jadi Dua Drum bakal main juga dan bakal berkolaborasi dengan Barry Likumahuwa. So, buat teman-teman silahkan pesan tiketnya sekarang juga,” kata Yo Iqbal dari Dua Drum, mengkonfirmasi.

Selain hanya akan menampilkan berbagai pemusik jazz terbaik tanah air, dengan tema “Jazz Embraces Us”, Diponegoro Jazz Music Festival juga memiliki keunikan tersendiri dengan salah satu rangkaian acara Audisi Band Jazz untuk umum tingkat Nasional.

Band Audition ini dibuka secara gratis bagi masyarakat umum dengan cara mengisi form pendaftaran serta meng-upload video live perform yang ada di laman bit.ly/registdipojazzfest2017. Pendaftaran dan upload video sudah dibuka pada 23 Oktober 2017 dan akan ditutup 31 Oktober 2017 mendatang.

Dari semua video yang terdaftar, nantinya akan dipilih 15 video band terbaik yang akan diseleksi secara live pada 16 November 2017 di Kampus Undip. Selain itu pemenang Band Audition akan mendapatkan hadiah uang tunai dan berkesempatan untuk tampil di acara Dipo Jazz Festival pada 17 November 2017.

Saat ini, penjualan tiket telah dibuka dengan penawaran presale 2 seharga Rp. 35.000 (promo ini berlaku hingga 13 November 2017). Selain tiket presale, terdapat pula tiket On The Spot yang bisa didapatkan saat hari H di venue dengan harga Rp. 45.000,00.

 

Untuk informasi selengkapnya, anda bisa memperoleh di:

CP: 0897 0890 776 (Aurelliavab)
Email: Dipojazz17@gmail.com
Website: dipojazzfestival.com
Line: @jss3414r
Instagram: Dipojazzfest

 

Text by Redaksi

Photo by Doc. Diponegoro Jazz Festival

Salah satu media digital yang membahas berita seputar lifestyle remaja terkini.

FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This