Setelah sukses menyelenggarakan rangkaian acara seni di tahun pertamanya, Korps Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada kembali menggelar HI Art and Music Festival (HIATUS) tahun ini. Berbeda dari tahun sebelumnya yang mengangkat tema “Konflik”, HIATUS 2019 memilih tema “Perspective: Uncovering Stigma”. Namun, masih sama seperti tahun sebelumnya, rangkaian acara yang diusung masih mencakup pameran seni, pemutaran film, dan pertunjukkan musik. HIATUS 2019 akan diselenggarakan pada 7-9 November 2019 dan berlokasi di FISIPOL UGM.

Pemilihan tema ini berdasarkan kepada situasi sosial yang sangat dekat dengan kita saat ini. Hampir semua orang merasakan dikenai stigma sesuai dengan latar belakangnya masing-masing. “Tentunya, seseorang yang dikenai stigma mengalami dampak seperti pandangan orang yang sebelah mata, keterbatasan ruang ekspresi, hingga yang paling parah adalah diskriminasi. Menurut saya, stigma dapat berdampak pada pengikisan rasa kemanusiaan seseorang terhadap orang lain. Alhasil, masyarakat yang ada saat ini adalah masyarakat yang intoleran, kasar, bringas, dan penuh dengan kekerasan.” ujar Adinda Putri selaku konseptor acara HIATUS 2019 ketika ditanya mengenai pemilihan tema.

“Melalui medium musik, seni pameran, serta film, HIATUS 2019 mengajak pengunjung untuk berfikir lebih jauh mengenai berbagai identitas-identitas sosial dan menerima perbedaan varian yang ada dalam identitas tersebut,” ujar Nirwansyah selaku ketua pelaksana HIATUS 2019 ketika ditanyakan mengenai tujuan acara tersebut. Berangkat dengan tujuan demikian, HIATUS 2019 menghadirkan berbagai karya seni yang mampu membongkar kembali perspektif yang dimiliki oleh pengunjung. Selain itu, HIATUS 2019 juga akan menayangkan film-film terbaik Indonesia yang mampu menggambarkan berbagai stigma yang melekat di masyarakat seperti film 27 Steps of May dan The Song of Grassroot. Untuk semakin mendalami pesan dari film yang ditayangkan, HIATUS 2019 pun juga mengadakan sharing bersama seluruh partisipan pasca pemutaran film.

Rangkaian acara HIATUS akan diawali oleh pameran seni yang menampilkan 26 karya dari perupa terbaik dan diikuti dengan pemutaran 9 film dengan sub-tema berbeda di setiap harinya. Acara puncak yang diselenggarakan pada 9 November 2019 akan menghadirkan pertunjukkan musik dari Gamaband, HI Tunes, Angklung Evolution, Fis Duo, DIRA, dan bintang tamu utama yaitu Kurosuke serta Oscar Lolang.

Berbagai informasi terbaru mengenai HIATUS 2019 dapat diakses melalui akun resmi LINE: @duk0003j dan Instagram: @hiatusugm. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung: Thifani Tiara (WA: 085956319751), LINE: thifanitr)