Photo by Pinterest

Wahai para kaum penghuni kosan, janganlah kau terlena dengan limpahan harta diawal bulan. Ingat, pada akhir bulanmu!

 

Longlifemagz – Awal bulan adalah candu, keberadaanya pun selalu ditunggu. Konon pada awal bulan uang saku (subsidi dari ortu) itu muncul dengan sangat menyenangkan. Mungkin perasaanya bak pacar yang diline 7 hari tak ada kabar, tau-taunya sudah ada dikamar memberi kejutan. Byah!

Jangan, Jangan kamerad! Jangan lagi kamu terlena dengan kefanaan awal bulan. Sudah cukup bulan kemarin kau dikoyak oleh hutang – hutang karena hidup borosmu dibulan awal. Memang dasar kau tak sanggup mengelola uang, atau sebenarnya bukannya tak sanggup, cuman salah perhitungan saja, hehe.

Bila demikian terjadi, ayo ikuti langkah yang sudah teruji keabsahannya meminimalisir permasalahannya. Berikut beberapa hal yang mesti kamu lakukan, adalah…

 

  1. Awali Sesuatu Dengan Niat

Awal dari semua hal yang kita lakukan adalah dengan niat. “Niat Ingsun Ngiritipun arto kulo ing wulan saiki”, ya begitulah kira-kira bunyinya. Setelah mengucap niat, bertanggung jawablah dengan apa yang sudah kamu niatkan. Tunjukan bahwa kamu manusia yang mampu bertanggung jawab. Sehingga kamu bisa menjadi dambaan kaum hawa, mertua dan Pevita, eaakss!

 

  1. Buat Plan Anggaran

Dengan membuat rancangan keuangan kamu bisa memilah – memilih mana yang lebih ingin dibeli dan mana yang lebih kamu butuhkan. Sudah tau kan mana yang harus didahulukan?

Hitunglah dengan cermat kira – kira semua biaya yang kamu butuhkan. Misalnya berapa biaya makanmu sehari, terus dikali deh 30 hari (bila dalam satu bulan ada 30, bila 28, 29, atau 31, rubahlah sendiri).

Lalu coba cek apa ada kebutuhanmu yang sudah habis dan perlu dibeli? Biaya data internet, uang bensin, sampai biaya rencana nikahin doi, haha. Jangan lupa, sisihkan beberapa lembar uang untuk kebutuhan mendadak.

 

  1. Iritlah! Manfaatkan Sesuatu Sampai Titik Darah Penghabisan

Janganlah sedikit-sedikit beli barang karena feeling kamu mengatakan barang itu sudah habis. Terlebih itu sejenis barang yang dipakai secara massif kemudian habis, seperti pasta gigi maupun shampoo.

Ketahuilah wahai kasanak, bahwa sesungguhnya didalam pasta gigi yang sudah sangat tipis, masih ada sisa-sisa kenanganya, eh maksudnya sisa-sisa pasta yang tersembunyi. Potong saja pakai gunting lalu manfaatkanlah.

Hal ini juga berlaku untuk deodorant. Bila deodorant sudah habis, jangan terburu untuk membeli. Manfatkan sisanya. cukil saja roll on nya, lalu ambil dengan tangan. Nah untuk shampo dan sabun, coba pakailah metode penambahan air. Itu sangat membantu menambah masa kegunaan, menyadarkan kamu dari fatamorgana kehabisan .

Baca :

Hindari Bau Tidak Sedap Pada Sepatu, Ikuti 5 Langkah Ini

4 Fase Laki-Laki Sebelum Move On

Dan yang terakhir kamu bisa memanfaatkan pewangi pakaian sebagai parfum. Caranya masukan saja pewanginya kedalam botol spray, lalu semprotkan. Mudahkanlah, semua bisa dimanfaatkan. Terpenting kamu mesti kreatif dan inovatif dalam berpikir, hehe.

 

  1. Hati-Hati Dengan Makananmu

Nah ini yang biasanya memakan banyak sekali anggaran. Karena sebagai kebutuhan yang setiap hari dikeluarkan kadang bisa mengglembungkan anggaran, tapi kamu masih bisa kok meminimalisirnya. Salah satu cara yang efektif untuk dilakukan, adalah dengan kamu memasak nasi sendiri.

Coba bayangkan jika kamu makan di warteg pakai nasi sayur sekaligus telor mungkin kamu akan membayar sekitar 10 ribu rupiah. Tapi jika kamu hanya membeli sayur dan telurnya saja akan jauh lebih murah. Terlebih sayur dan telurnya bisa kamu bagi 2, 3, 5, 7, 11, 133 seperti bilangan prima, hehe. Atau jika kamu tidak punya magic com untuk masak nasi, pintar – pintar lah memilih tempat makan yang prasmanan, yang bisa ambil nasi sendiri, sehingga kamu akan lebih kenyang.

Nah, bila semua hal ini dilakukan secara konsisten selama puluhan tahun, ditambah kamu mempunyai pemasukan uang yang lumayan besar. Insyaallah wahai saudagar, kelak kamu menjadi penerus Bob Sadino, Bob Marley, atau Bob Bob yang lain. Semangat, Kamerad!

 

 

 

 

Salah satu media digital yang membahas berita seputar lifestyle remaja terkini.

FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This