iOS 11, sistem operasi terbaru dari Apple

iOS 11, sistem operasi terbaru dari Apple

Cupertino – Tiga perangkat iPhone terbaru dari perusahaan smartphone Apple, yakni iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X, akhirnya resmi diperkenalkan. Ketiga iPhone anyar ini sudah dipastikan dilepas ke pasaran dengan sistem operasi terbaru, yakni iOS 11. Pihak Apple juga akan memastikan bahwa  iOS 11 akan hadir di perangkat iOS lain dalam waktu dekat. Menurut informasi yang dilansir Ubergizmo, pembaruan iOS 11 akan bergulir pada minggu depan, tepatnya 19 September 2017. Pembaruan sistem operasi generasi ke-11 itu pun akan hadir di seluruh dunia.

Namun, perlu dicatat iOS 11 tak akan hadir ke semua perangkat iOS lawas. Jadi, pengguna iPhone dan iPad lawas tidak dapat memperbarui perangkatnya ke iOS 11. Adapun iPhone dan iPad yang tidak akan mendapatkan pembaruan iOS 11 antara lain seperti iPhone 5, iPhone 5c, dan iPad generasi ke-4. Alasan perangkat tersebut tak kebagian iOS 11 tak lain karena keterbatasan komponen di dapur pacu perangkat, terlebih untuk kapasitas RAM. Sebagaimana dilaporkan laman Ars Technica, jika dipaksakan untuk update ke iOS 11, ketiga perangkat ini tidak akan memiliki performa maksimal. Apalagi, ketiganya adalah perangkat iOS terakhir yang menggunakan prosesor 32-bit (chip A6 di iPhone 5 dan 5c, dan chip A6X di iPad).

Beberapa gadget yang support dengan iOS 11

Beberapa gadget yang kompatibel dengan iOS 11

Sementara, iOS 11 diklaim akan berjalan dengan perangkat iOS dengan prosesor 64-bit. Semua software dan aplikasi 32-bit yang akan berjalan di iOS 11 pun akan diberantas. Maka itu, Apple kini mengimbau pengembang aplikasi untuk merancang aplikasi buatannya kompatibel dengan perangkat berprosesor 64-bit, agar ke depannya tetap berjalan prima di iOS 11.iOS 11 mengusung banyak perubahan dalam teknologi inti sistem operasi, dan akan segera di tanam serta mennjadi OS yang menjalankan jutaan iPhone dan iPad nantinya. iOS 11 juga memiliki tambahan di fitur user interface dan user experience.

Fitur tambahan yang disematkan dalam iOS 11 antara lain adalah Lock screen yang memiliki tampilan baru dengan passcode yang memiliki font yang lebih tebal, serta lingkaran yang lebih tipis dan tidak memiliki outline putih.  Selain itu iOS 11 yang ada dalam iPhone pun ada pilihan baru, yakni pengoperasian keyboard dengan satu tangan. Dengan pengoprasian keyboard yang bisa ditampilkan rapat kanan atau kiri. iOS 11 juga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam merekam layar. Yakni terdapatnya pilihan Control Center yang bisa merekam kegiatan yang sedang dikerjakan di layar iPhone atau iPad secara otomatis.  Drag and Drop pun juga menjadi fitur baru di iPad, namun fitur ini juga tersedia di iPhone untuk memindahkan file dengan mudah. Fitur ini terbatas digunakan dalam aplikasi di iPhone dan bukan di smeua sistem layaknya di iPad.

iOS 11, sistem operasi terbaru dari Apple

iOS 11, sistem operasi terbaru dari Apple

Control Center di iOS 11 pun dirombak dan kini bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna. Mereka bisa memilih apa yang ingin ditampilkan di Control Center melalui Settings. Ada banyak pilihan, seperti Low Power Mode, Notes, Text Size, Wallet, Screen Recording, dan sebagainya. Meski demikian, layout Control Center tidak bisa diubah. Di menu Settings aplikasi iOS 11, terdapat pilihan untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan secara otomatis. Dokumen dan data aplikasi yang dihapus itu tetap disimpan jika sewaktu-waktu ingin memasang apikasi lagi.

Di Settings app iOS 11 juga kini terdapat tab khusus untuk Siri dan Search, yang layoutnya lebih logis. Terdapat pula pilihan untuk memilih saran yang diberikan Siri untuk masing-masing aplikasi yang telah diunduh di perangkat. Selain itu, di bagian Accessibility dalam Settings app, terdapat pilihan untuk mengubah warna tampilan, kecuali untuk foto, media, dan beberapa aplikasi. Pilihan ini seperti “Dark Mode”  namun tidak sampai merusak elemen user interface. Fitur – fitur terbaru dari iOS 11 ini nantinya dapat dinikmati oleh gadget-gadget Apple yang menjalankan chip A7 terbaru, termasuk di antaranya adalah iPhone 5s, SE, 6 Plus, 6, 6s Plus, 6s, 7 Plus, dan 7, iPad generasi kelima, iPad Air, iPad Air 2, semua model iPad Pro, dan iPad mini 2 dan yang lebih baru.

Text by Satria Java S.

Photo by wccftech.com

Seorang pengeja kata dalam sastra serta peminat hobi melalui fotografi dan teknologi

Keyword :



FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This