h-m-head

“Cause words is the deadliest from all of those.”

– Slauerhoff

Feautured Track: “Slauerhoff” (via Bandcamp)

Diambil dari nama penyair Belanda yang diakui menjadi penyair paling penting di negeri kincir angin, Slauerhoff, menjadi judul EP perdana Knurd Hamsun rilisan Nanaba Records ini. Format kaset memberi kesan yang pas dengan sound musik yang disajikan, Lo-fi dengan frekuensi Mid yang kental.

Band asal Jatinangor ini memainkan gaya musik coldwave / post-punk 80an dengan drum elektronik, suara synth (atau mungkin gitar?) yang rapat khas era new wave, riff gitar yang menjadi lead tiap lagu dan tanpa menggunakan bass. Walaupun perpindahan dan riff dari bass merupakan unsur yang sangat penting pada genre ini, tetapi ternyata Knurd Hamsun dapat menyuguhkan komposisi yang apik dengan gitar sebagai ‘play maker’-nya. Ketukan dan irama drum masih melestarikan band-band sejenis sebelumnya yang hanya memberikan ketukan-ketukan sederhana. Vokal dengan sound kental reverb yang lebih berposisi ‘dibelakang’ menjadikan nuansa makin ‘dark’.

Rata-rata, lagu dalam EP Slauerhoff ini bertempo menengah dan ada beberapa yang pelan tapi bukan berarti kita akan tetap diam saat mendengarkan musik mereka ini. Akibat riff gitar yang progresif dan permainan drum elektriknya langsung membuat kepala manggut-manggut saat mendengarkan, misalnya di lagu yang berjudul ‘Slauerhoff’. Memejamkan mata dan sekedar menggoyangkan kepala memang cara paling nikmat untuk mendengarkan EP ini.

Sedikit poin minus terletak di mastering lagu secara keseluruhan yang tidak rata, seperti misalnya saya harus mengecilkan volume ketika habis mendengar Baelish (track 5) yang kemudian dilanjutkan dengan Comrades (track 6).

Teks: A. Luthfi Maajid

Salah satu media digital yang membahas berita seputar lifestyle remaja terkini.

Keyword :



FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This