1



Smartphone Nokia terbaru, dari kiri Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6

Smartphone Nokia terbaru, dari kiri Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6

Jakarta – Setelah beberapa hari lalu dunia dan tanah air diramaikan oleh rilisnya Iphone 8 dan Iphone x, sekarang giliran Nokia yang membuat gebrakan baru di Tanah Air. Pasalnya, vendor perusahaan telekomunikasi dan smartphone asal finlandia ini resmi merilis smartphone berbasis android terbarunya di Indonesia, yakni Nokia 3, 5 dan 6. Smartphone keluaran terbaru dari Nokia ini resmi rilis di Indonesia pada kamis 14/09/2017. Hal ini telah disampaikan secara langsung oleh Mark Trundle, Country Manager HMD Global Indonesia. Sehingga siapa sangka, Nokia yang dulunya dipandang sebelah mata kini mulai bangkit dan merambah di Tanah Air.

Seperti yang telah di ketahui oleh banyak pecinta smartphone, bahwa Nokia sempat dinobatkan menjadi “raja” ponsel dunia. Namun, beberapa tahun terakhir, vendor asal Finlandia ini malah seakan tergilas keberadaannya seiring dengan munculnya vendor smartphone baru. Windows Phone yang waktu itu menjadi sistem operasi andalannya, juga tidak dapat bertahan lama. Antusiasme pasar pun kian menurun akibat ketatnya kompetisi antar sistem operasi seperti iOS dan Android. Nokia pun perlahan tenggelam.

Smartphone terbaru Nokia 6, Nokia 5, Nokia 3

Smartphone terbaru Nokia 6, Nokia 5, Nokia 3

Namun kini, Nokia akhirnya menggebrak pasar dengan smartphone Android. Bersama HMD Global, selaku mitra manufaktur. Nokia lahir kembali dengan deretan smartphone Android terbaru, yakni Nokia 3, 5, dan 6. Seperti disampaikan Mark Trundle, Country Manager HMD Global Indonesia dalam perilisan Nokia terbaru di Jakarta, bahwa masih banyak orang Indonesia bertanya kapan smartphone terbaru Nokia menyambangi Indonesia. Ini menandakan, antusiasme pasar lokal masih tinggi terhadap kembalinya sang raja telekomunikasi, yang kini telah menjadi smartphone Nokia.

Nokia meluncurkan smartphone terbarunya, yang diberi nama Nokia 3, 5, dan 6. Nokia 3 sendiri adalah seri paling ‘muda’ dibanding yang lain. Smartphone ini punya bentang layar 5 inci dengan resolusi HD. Layarnya diperkuat Gorilla Glass 2,5D. Dibekali prosesor 1.3Ghz Mediatek MT6737 dengan RAM 2GB, memori internal 16GB dan slot ekspansi via kartu SD maksimal 128GB. Dengan tersedia kamera belakang 8 Megapixel dibalut apertur f/2.0 dan LED Flash, sedangkan kamera depan juga 8 Megapixel dengan bentang pandang 84 derajat. Smartphone ini ditunjang batere 2650 mAh, konektivitas yang dimiliki juga sangat bagus, yakni NFC dan 4G LTE Cat. 4 yang  diperkuat dengan baterai 2.650 mAh.

Varian warna Nokia 3

Varian warna Nokia 3

Beranjak ke Nokia 5, Tampil dengan layar lebih besar dan spesifikasi lebih bagus, yakni kaca 2.5D berukuran 5.2 inci HD, bertenaga prosesor Snapdragon 430 dengan RAM 2GB, tersedia memori internal 16GB dengan slot kartu SD hingga 128GB. Saat ini sudah menjalankan Android 7.1.1 Nougat. Sektor kamera mengandalkan 13 Megapixel PDAF di belakang dengan Dual Tone LED Flash, sedangkan di depann ada 8 Megapixel dengan bentang pandang 84 derajat. Nokia 5 dengan batere 3000 mAh ini juga dilengkapi NFC dan 4G LTE.

Varian warna Nokia 5

Varian warna Nokia 5

Adapun Nokia 6 hadir di kelas phablet, dengan layar 5.5 inci Full HD 1080p serta punya speaker ganda Dolby Atmos. Nokia 6 dibekali dengan speaker besutan Dolby Atmos dengan tujuan agar mampu menghasilkan kualitas suara 6dB lebih keras. Selain itu, Nokia 6 juga  Bertenaga prosesor Snapdragon 430 dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB, lengkap dengan slot kartu SD. Tersedia juga dengan varian RAM 4GB dan memori internal 64GB. Pada sektor kamera, Nokia 6 punya kamera utama resolusi 16MP PDAF dengan Dual Tone LED Flash di belakang, sedangkan di depan ada 8 Megapixel. Untuk kapasitas daya, seri yang satu ini dibekali baterai 3.000mAh.

Nokia 6 Black edition

Nokia 6 Black edition

Mark Trundle selaku Country Manager HMD Global Indonesia mengungkapkan, bahwa untuk saat ini Nokia 3 lebih dulu yang akan menyambangi pasar Indonesia. Ia dibanderol seharga Rp 1,8 jutaan dan akan dijual mulai awal Oktober 2017. Sayangnya, ia tidak mengungkap harga dan jadwal pasti Nokia 5 dan 6. Namun bagi para pecinta smartphone di Tanah Air tak perlu khawatir, karna nantinya Nokia 5 dan Nokia 6 akan menyusul penjualannya di pasar smmartphone Indonesia pada akhir Oktober 2017.

Text by Satria Java S.

Photo by nokia.com

Seorang pengeja kata dalam sastra serta peminat hobi melalui fotografi dan teknologi

Keyword :



FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This