1



tanpanada(1)

Lagu ini menghadirhan interprestasi dalam merespon realitas akan sejarah yang telah disepakati sebelumnya.

 

Longlifemagz – Menyikapi sejarah, sangatlah perlu untuk memahaminya secara betul. Kebenaran tentang sejarah yang tiba-tiba muncul dalam pikiran, kadang memunculkan berbagai pertanyaan, bermain dalam ingatan. Apakah sejarah benar begitu adanya, apa ada beberapa bagian yang sengaja dikubur. Atau jangan-jangan bukan seperti itu, mungkin ada yang dikurangi atau mungkin juga dilebihkan? Entahlah.

“Tapi yang jelas kami percaya kalau sejarah itu ada. Tidak bisa dilepas, dipisahkan, diputus apalagi dihilangkan. Melewati titik itu, kami mulai menelaah, menggores pena, meracik rima, dan membalutnya dengan musik. Terciptalah karya berjudul “Tanda Tanya (?)”, Ujar Tanpa Nada dalam konferensi pers perilisan single terbarunya.

Tepat dihari Kesaktian Pancasila, Tanpa Nada me-releas single teranyar berjudul “Tanda Tanya (?). Karya ini, diluncurkan kepada masyarakat lengkap dengan sebuah video art. Bentuk upaya dalam menyelaraskan makna yang dirangkum, dengan pikiran yang muncul di masyarakat tertuang didalam lagu, dan tervisualisasikan baik dalam gambar.

Sebelumnya Tanpa Nada berdiskusi terlebih dahulu dengan beberapa pihak demi mendapatkan data yang empiris dalam proses penggarapannya. Awalnya adalah sebuah puisi yang disusun oleh Erick dan Aristyakuver. Rangsangan kata itu direspons oleh Fajar Cepot serta Lutfi Firmansyah di ruang intonasi suara. Kemudian, komposisi musik hadir atas perdebatan Aditya Dimas Pradana “Samid”, Lazuardy Inu “Ambon”, dan Adi Prasetyo “Kempul”.

Meski demikian, secara keseluruhan ide, adalah hasil berdiskusi bersama. Hamzah Kusbiyanto yang mempunyai kemahiran di bidang Audio Engineering turut pula berkolaborasi didalamnya, demi memantapkan hasil. Maka terbentuklah karya Tanpa Nada, “Tanda Tanya (?)” dengan berdurasi 4 menit 29 detik ini.

Baca :

ESCPD Melepas Single Perdananya

Jou Barakati, Release Single Baru

 

“Puisi, yang kami lebur menjadi lirik ada kalanya kami sikapi tetap sebagai puisi. Yakni dengan struktur sesuai dengan yang asli. Justru, judul yang kami pilih itu sudah mewakili puisi itu sendiri. Sebagaimana puisi, makna adalah bentuk yang tidak tunggal. Sebagaimana pertanyaan, bisa dijawab sesuai keinginan subjektif penjawabnya. Harapan yang paling kuat pada setiap lirik kami adalah memantik pertanyaan kembali, dan membuat diskusi baru bermunculan. Itu menarik.” Ungkap Tanpa Nada menjelaskan lagu terbarunya.

Untuk menyokong karya agar maksimal, Tanpa Nada bekerjasama dengan berbagai pihak. Video kreasi diambil oleh Tri Setio Anggoro (@officialgemb) dan Panji Rochmat Aprizal (@julpanji). Sekaligus Imam Supriono (@mamsv_) sang fotografer yang ditunjuk untuk mengabadikan moment. Selain itu, aktor teater dijadikan sebagai tokoh peran dengan menghadirkan gerak tubuh dan wajahnya yang lihai dan menghayati dalam berperan, ialah Asyhar Sanglusuh dan Titis Widjayanti.Lagu ini, adalah bagian dari album bertajuk Diorama Kakovani yang rencananya akan di release Desember mendatang. Bagi kalian yang ingin melihat secuil repotoar dari album terbaru Tanpa Nada, silahkan simak terlebih dahulu lagu terbarunya “Tanda Tanya (?). Atau kalian dapat menyimaknya langsung di official akun youtube Tanpa Nada youtu.be/Tl3Kbz8mMbw.

 

Text by : Redaksi

Photo by : doc. Tanpa Nada

 

Salah satu media digital yang membahas berita seputar lifestyle remaja terkini.

Keyword :



FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This