Surga wisata yang tersembunyi di Jawa Timur

 

Longlifemagz – Di tengah kesibukan yang menumpuk, wisata air akan selalu menawarkan tempat untuk dapat berelaksasi sejenak. Selain menenangkan, berbagai destinasi wisata air juga banyak memacu adrenaline dan rasa ingin tahu untuk dieksplorasi. Ditambah dengan keindahan alamnya terbentuk secara alami yang menambah kepuasan tersendiri bagi para penikmatnya. Walaupun belum terlalu banyak disorot, wisata air yang satu ini tidak kalah menarik dibandingkan dengan wisata air besar lainnya.

Adalah Air Terjun Tumpak Sewu yang mulai menjadi buah bibir dan menjadi destinasi kunjungan wisatawan lokal. Terletak di Desa Sidomulyo di perbatasan antar Malang-Lumajang, air terjun ini juga mempunyai sebutan lain yaitu Coban Sewu atau Grojogan Sewu. Dikarenakan sumber mata airnya yang banyak berjejer sepanjang tebing membentuk tirai dan jatuh ke dasar. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, bagai Niagara di tengah Indonesia air terjun ini tergolong sangat tinggi dan besar disertai panorama alam yang mempesona.

coban-sewu

Sesuai dengan urutan rekomendasi, lokasi wisata ini memiliki beberapa jalur masuk dan serta menjadi spot-spot yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Jalur terdekat dan aman untuk ditempuh adalah dengan melalui jalur resmi Desa Sidomulyo,cukup dengan menaiki tangga  yang terbuat dari bambu dan dikombinasikan dengan kayu kuat. Jalan ini berjalur landai disertai beberapa gardu pandang untuk santai sejenak menghela nafas sambil menikmati hawa sekitar yang sejuk.

Opsi kedua anda dapat melewati Goa Tetes. Pada awalnya sebelum Air Terjun Tumpak Sewu dibuka  untuk umum, Goa Tetes menjadi satu-satunya tempat wisata di lokasi ini. Goa ini juga akan membuat anda berdecak kagum karena adanya sumber mata air di atas gua yang memancar ke segala arah sehingga air jatuh ke setiap sisi gua seperti layaknya tetesan air, dari situ maka dinamakanlah tempat ini Goa Tetes. Dengan melewati jalur ini kita dapat merasakan sensasi menuruni air terjun dengan guyuran aliran air yang hebat! Kita harus menuruni anak tangga untuk sampai ke Goa Tetes, lalu turun lagi dengan cara merambat pada bibir tebing menuju aliran sungai. Dilanjutkan dengan tracking menyusuri sungai melawan arus sekitar 200 meter jauhnya, namun semua akan terbayar saat anda sudah dapat melihat betapa menakjubkannya Air Terjun Tapak Sewu ini sesampainya di bawah!

dsc02041

Selanjutnya, ketiga anda dapat memilih untuk melalui rute Ampel Gading atau tebing-tebing curam dari sisi selatan Air Terjun Tumpak Sewu. Untuk menuruni tebing tegak seperti tembok ini akan dibantu dengan seutas tali berbahan karet ban dan setangkai rotan yang membentuk tali elastis. Kucuran air dari Goa Tetes mengalir deras di sepanjang jalur ini, tapi dapat terlihat sangat jelas berjajar air terjun yang saling bertumpak atau bertindihan. Hal yang wajib diperhatikan adalah pastikan bahwa batu tebing untuk pijakan kaki kita harus benar-benar kokoh dan kuat menyangga bobot tubuh kita. Selain itu, pakaian yang kita kenakan harus merupakan pakaian yang nyaman dan mendukung tubuh untuk bebas bergerak. Jangan sesekali mencoba menuruni track ini dengan pakaian berbahan dasar jeans maupun pakaian yang ketat karena dikhawatirkan akan mengganggu keleluasaan pergerakan dan akan berakibat fatal.

Baca : Bukit Kapur Jaddih, Kawasan Tambang Menjadi Objek Wisata Unik

img_20150727213419_55b6416b91e9c

Pilihan terakhir yaitu melalui aliran Sungai Glidik. Terutama kalian yang berjiwa petualang dan ingin memacu adrenaline, cobalah untuk berdiri di atas air terjun dengan ketinggian 180 meter ini! Panorama yang disajikan juga sangat menawan apalagi bagi para penggemar ketinggian. Namun perlu ekstra hati-hati karena hanya ada pagar pembatas kecil diantaranya dan belum sepenuhnya dipagar. Juga terdapat jurang yang berada di depan mata. Maka utamakanlah keselamatan kalian sebelum mencoba spot ini!

Turun kebawah sedikit anda sudah dapat menikmati sejuknya deburan air jernih dari atas sana dan mendapatkan spot sempurna yang sering diabadikan dalam foto. Kalian dapat melihat dengan lebih jelas penampakan seluruh bagian air terjun yang membentang panjang membentuk setengah lingkaran. Waktu yang paling tepat untuk datang disarankan saat pagi hari, akan lebih beruntung jika kalian dapat ikut serta mengabadikan momen bergesernya sinar matahari diantara cekungan air terjun sembari menyaksikan kabut tipis yang dibentuk oleh bulir air yang semburat ikut melengkapi suasana. Hal ini karena masih belum banyak noise akibat angin yang berair, dan mengantisipasi waktu sore yang sering mendung, hujan, atau banjir di dasar sungai.

maxresdefault

Rute untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu dari perkotaan dapat melalui Kota Malang – Jawa Timur yang memerlukan waktu sekitar 2 jam 30 menit dari Kota Malang. Rute dapat dilalui menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Biasanya kendaraan diletakkan di gubuk penambang pasir, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter. Nah, mengenai biaya biasanya beda spot beda biaya masuk dan parkir. Namun rata-rata pengelola mematok harga sebesar lima ribu rupiah untuk masing-masing tiket masuk dan parkir.

Baca : Beribu Titik Selam di Kepulauan Wakatobi

Beberapa hal yang patut dicek kesiapannya kembali sebelum menuju ke tempat wisata ini adalah pastikan bahwa anda memakai sandal atau sepatu standar outdoor  yang bergerigi, dikarenakan jalan dan bebatuan cadas yang sangat licin. Akan sangat berguna juga untuk menyeberangi tebing-tebing curam. Sertakan juga tali untuk melengkapkan perlengkapan tracking anda. Last but not least, jangan lupa untuk membawa plastik atau pelindung apapun itu guna melindungi alat elektronik yang anda bawa agar tidak basah terkena guyuran air. Disarankan pula untuk memakai jasa guide atau mengajak kerabat yang sudah berpengalaman kesitu, karena jalannya sulit diprediksi dan sebenarnya memang tidak ada. Hanya warga sekitar yang biasa mencari rumput menerobos jalan dan membuatnya dapat dilewati wisatawan.

Jadi, siapkah berpetualang ke Air Terjun Tapak Sewu ini?

 

 


FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This