hipweecom

Layaknya banyak orang, tempat wisata apa saja sih yang seringkali dikunjungi oleh para travellers? Pasti tidak lain dari pegunungan, danau, laut, atau tempat wisata lainnya. Kali ini ada tempat wisata yang belum diketahui oleh banyak orang dan mungkin belum pernah terbesit di benak kalian sebelumnya!

Madura seakan memiliki destinasi wisata yang jarang terdengar keberadaannya, tertutup oleh hingar bingar kota-kota besar di Pulau Jawa. Adalah Bukit Kapur Jaddih yang sedang jadi primadona baru dan cukup menjadi perbincangan hangat terutama dikalangan anak muda yang hobi travelling dan haus akan destinasi wisata baru. Tempat ini pada awalnya merupakan tempat penambangan batu yang tidak dibuka untuk umum. Pasti sulit membayangkan sebuah tempat tambang batu kapur dapat menjadi destinasi wisata yang layak untuk didatangi. Namun bebatuan dan tebing-tebingnya yang memang fotogenik mampu menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi bukit yang berada di wilayah Bangkalan, Desa Jaddih ini.

4.-Bukit-Jaddih-Madura-by-IG-@antoniboska

12139702_793816727393745_1678884276_n

Hampir sama seperti Brown Canyon di Semarang, masih banyak truk pengangkut dan para pekerja tambang berseliweran karena fungsi utama dari tempat ini yang adalah tempat penambangan  berstatus aktif. Hanya bedanya Bukit Jaddih ini sekarang sudah dijadikan tempat untuk berwisata. Disini kalian akan melihat bongkahan bahkan guratan-guratan kapur putih berukuran besar. Tebing-tebing kapur ditempat ini pun tidak terbentuk secara alami, melainkan akibat pahatan para penambang kapur pengais rejeki ditempat ini selama bertahun-tahun sehingga membentuk sebuah ukiran tebing bahkan bukit yang sangat artistik. Ditambah, kawasan yang cukup luas ini dihiasi dengan pemandangan alami karena terdiri dari bukit-bukit nan hijau yang memang cocok untuk ditelusuri keindahannya. Menjadikan tempat ini penuh dengan spot foto yang sangat instagram-able untuk diabadikan! Selain itu karena disini adalah tempat pertambangan batu kapur, terdapat banyak goa-goa kecil sisa penambangan. Namun tidak disarankan untuk memasuki goa tersebut karena cukup rapuh dan dapat runtuh sewaktu-waktu.

Penambangan-batu-kapur-aktif-di-sekitar-Bukit-Jaddih

Kawasan tambang yang masih aktif

Tidak berhenti disitu saja, di sisi utara Bukit Jaddih ini terdapat sebuah pemandian alami yang berada di tengah-tengah bukit kapur yang disebut ”Aeng Goweh Pote” dalam bahasa Madura atau Air Gua Putih. Awal mulanya pemandian atau kolam renang ini merupakan bekas lubang galian tambang kapur yang kemudian memancarkan mata air secara alami. Sehingga pemerintah daerah setempat pada akhirnya merenovasi tempat ini dan menjadikannya sebuah kolam renang dengan luas yang cukup besar, dan baru diresmikan pada tahun 2014 lalu. Sungguh ibarat Oase ditengah padang gurun. Untuk yang ingin menikmati sensasi berenang ditengah bukit kapur ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar sepuluh ribu rupiah, dengan itu kamu bebas merasakan kesegaran mata air ditempat ini.

gua-pote-bukit-jaddih

Pemandian Aeng Goweh Pote

Akses menuju Bukit Jaddih dapat dicapai menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Jika kalian ingin mengendarai sepeda motor, sebaiknya kamu mengambil jalur alternatif lewat jalan raya Labang, sehingga tidak perlu memutar melewati Kota Bangkalan terlebih dahulu. Sementara itu jika kamu menggunakan mobil, mau tidak mau kalian harus memutar terlebih dahulu melewati Kota Bangkalan. Lalu untuk arah pulang ke Surabaya, barulah bisa melewati jalur alternatif jalan raya Labang. Namun harap diperhatikan karena jalur menuju Bukit Jaddih cukup susah dan medannya lumayan terjal, jadi diharapkan untuk selalu berhati – hati di perjalanan. Selain itu, sebaiknya manfaatkan GPS atau peta pada gadget kalian untuk menemukan lokasi bukit ini karena petunjuk untuk menuju ke tempat ini masih terhitung kurang. Untuk biaya masuk per orang hanya akan dikenakan biaya sekitar dua ribu rupiah dan biaya parkir sebesar lima ribu rupiah.

Jadi untuk anda yang bosan dengan objek wisata yang itu-itu saja, berminat untuk bernarsis ria di Bukit Jaddih?!

mulpixcom

Baca juga: Beribu Titik Selam di Kepulauan Wakatobi

Pesona Pura Besakih, Pura Terbesar di Indonesia!

Text by: Apriliana Caesarani

Photo by: hipwee, mulpix, instagram


FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This