Air-yang-sangat-jernih-terkadang-membuat-kita-tertipu-mengenai-kedalaman-danaunya.-Kita-bisa-melihat-dasar-danau-meskipun-kedalamannya-lebih-dari-3meter

Indonesia memang memiliki sejuta pesona pariwisata alam dan hal itu menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang selalu dikunjungi oleh masyarakat dunia karena kenampakan alamnya yang begitu memukau. Pariwisata nusantara yang terbentang dari Sabang hingga Merauke ini memiliki keragaman yang sangat banyak dan masing-masing memilki ciri khasnya masing-masing, sehingga membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang layak untuk dieksplor hingga ke pelosok-pelosoknya.

Keberagaman pariwisata alam yang sangat banyak ini justru menyimpan beberapa keunikan dan masih menjadi “harta karun” pariwisata Indonesia nantinya. Walaupun beberapa wisata alam yang dimilki Indonesia ini masih menjadi “harta karun” namun beberapa wisata alam yang dimilki oleh In donesia ini bahkan tidak dijaga, kurangnya perhatiannya pemerintah dalam kepedulian terhadap wisata alam masih perlu ditingkatkan mengingat potensi wisata alam Indonesia yang sangat banyak dan akan terus bertambah seiring penemuan “harta karun” yang nantinya akan ditemukan oleh masyarakat.

Potensi alam yang beragam dan sangat banyak ini serta banyak yang belum ditemukan masyarakat Indonesia sendiri juga harus ikut ambil peran dalam menjaga potensi alam Indonesia yang masih belum terjamah oleh pemerintah maupun masyrakat luas agar tetap asri, indah, dan juga eksotis, jika hanya mengandalkan bantuan pemerintah maka bisa jadi potensi alam itu akan menjadi tidak terawat dan akhirnya rusak sebelum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat luas, maka dari itu masayarakat juga harus bahu-membahu dalam menjaga potensi alam Indonesia yang belum terjamah ini.

Pada artikel sebelumnya yang telah membahas tentang surga dari surganya pariwasata Indonesia yaitu membahas tentang wisata Pulau Dewata Bali, rupanya surga yang berisi para bidadari nan elok ini menyebar keseluruh nusantara tak terkecuali ke Pulau Borneo Kalimantan. Pulau yang terbagi menjadi lima provinsi ini juga terdapat banyak bidadari yang mengikat hati disana. Selain memikat hati, sang bidadari ini memiliki ciri khas yang tidak dimilki oleh bidadari yang lain.

Danau Labuan Cermin yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kalimantan Timur ini merupakan salah satu wisata alam asal Pulau Borneo Kalimantan yang memiliki keeksotisan yang luar biasa, dan memiliki keunikan yang sangat luar biasa, pasalnya danau ini merupakan danau di Indonesia yang sangat bening sehingga siapa saja yang berenang disana maupun melihatnya saja dapat melihat isi dari dalam danau tersebut.

Keindahan dan kejernihan air di Danau Labuan Cermin ini memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi bagaimana tidak, air di danau ini memeiliki grdasi warna yang amat cantik dengan warna hijau,  iru, putih, yang membentuk gradasi yang sangat cantik selain itu rimbunnya pepohonan yang sangat hijau bercampur dengan warna kuning membuat Danau ini semakin terasa cantik, membuat siapa saja terpana, dan tentunya di kawasan Danau Labuan Cermin ini pengunjung dapat menikmati sejuknya udara khas danau dalam hutan rimba.

Danau Labuan Cermin ini selain karena pesonanya yang sangat memukau, danau ini memilki ciri khas yang sangat unik dan yang hanya dimilki oleh danau asal Kalimantan yaitu air yang berada di Danau Labuan Cermin ini memilki dua rasa dengan air tawar berada di permukaannya dan air asin yang berada di dasar danau ini, dan jika pengunjung menyelam ke arah dasar danau, pengunjung akan melihat batas antara air yang berasa asin dan air yang berasa tawar yang jelas terlihat.

Bagian atas Danau yang berasa tawar ini  karena bersumber dari mata air yang keluar dari celah-celah batu disana, sedangkan rasa asin pada bagian dasar danau ini terasa asin dikarenakan air tersebut berasal dari air laut. Danau yang memilki dua rasa pada airnya ini tentunya akan sangat menguntungkan karena berbagai macam biota tentunya akan hidup disana, hal ini pun juga terjadi pada Danau Labuan Cermin ini karena disana pengunjung dapat menemui berbagai spesies ikan air tawar dan juga berbagai spesies ikan air laut seperti, ikan kakap, ikan warna, ikan tulang, dan juga ikan putih, hal ini membuat Danau Labuan Cermin tidak hanya layak dikunjungi bagi wisatawan yang ingin berlibur tetapi juga wisatawan yang ingin belajar, pasalnya belum ada penelitian lebih lanjut tentang fenomena unik yang terjadi pada Danau Labuan Cermin tersebut.

Tentu Danau Labuan Cermin membuat orang terpukau dengan keindahan dan keunikan yang dimilikinya, namun sayangnya danau ini masih belum diperhatikan oleh pemerintah terkait pariwisata kesana, sehingga untuk dapat menikmati indahnya Danau Labuan Cermin ini masih tergolong sulit untuk transportasi kesana dan memakan waktu berjam-jam. Namun begitu, bagi kalian yang ingin mengunjungi danau ini masyarakat disana siap menyambut kedatangan kalian semua, pasalnya Danau Labuan Cermin dijaga dan dirawat oleh masyarakat sekitar Danau Labuan Cermin.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Danau Labuan Cermin alangkah baiknya jika kalian memesan Tour Guide yang ada di Kalimantan Timur maksimal sehari sebelum keberangkatan, gunanya untuk mengantar pengunjung ke area Danau Labuan Cermin ini, selain itu bagi kalian yang ingin mencoba snorkeling disana sangat diharapkan untuk membawa peralatan sendiri, walaupun disana juga akan menyediakan tapi jika pengunjung membawa peralatan sendiri maka pengeluaran pun masih ramah dikantong, selain peralatan, ban renang pun juga ikut ditawarkan disana.

So, jangan ragu lagi untuk mengunjungi Danau yang indah dan unik asal Pulau Borneo Kalimantan ini dan tentunya kalian akan tercengang dengan keindahannnya dan juga berenang di air tawar  yang sangat menyegarkan ditemani ikan-ikan yang juga berenang disana dengan udara yang sangat sejuk, masyarakat Desa Labuan Kelambu akan senang hati menyambut kalian di Danau Labuan Cermin!

danau-labuan-cermin12

20151210_085948labuancermin

Danau-Labuan-Cermin

Baca juga          : Surga dari Surganya Pariwisata Indonesia, 1001 Malam Bersama Pulau Dewata Bali

Text by                 : Jagadawe

Photo by              : utakatikotak.com, utiket.com, palingyess.com, tempatwisatakita.net, vacationspotindonesia.wordpress.com

Salah satu media digital yang membahas berita seputar lifestyle remaja terkini.

Keyword :



FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This