1



ohelterskelter.com

Musim di dunia sangtlah beragam, setiap sudut di dunia ini pastinya memiliki musim yang berbeda pula, biasanya pada daerah khatulistiwa seperti Indonesia hanya mengenal dua musim saja yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Musim hujan di Indonesia terjadi sekitar pada bulan Oktober hingga bulan Februari dan musim kemarau dari bulan Maret hingga bulan September, namun seiring berjalannya waktu musim di Indonesia sulitlah diprediksi karena adanya Global Warming.

Di lain sisi negara-negara di luar daerah khatulistiwa memmiliki rata-rata empat musim yang terdiri dari Musim Dingin yang berlangsung dari bulan Desember hingga Februari, Musim Panas dari bulan Mei hingga Juli, Musim Semi dari bulan Agustus hingga September, dan musim gugur dari bulan September hingga November. Negara-negara yang memiliki empat musim memiliki liburan yang cukup panjang, karena mereka memiliki hari libur persiapan musim dingin, libur musim dingin, libur persiapan musim panas, dan libur musim panas.

Moment-moment libur yang telah ditentukan ini tentunya dimanfaatkan hampir seluruh remaja di dunia, tak terkecuali bagi mereka yang berada di negara empat musim, untuk mengisi waktu liburan mereka banyak kegiatan yang mereka lakukan dari berkunjung ke kampung halaman hingga untuk berlibur ke luar negeri untuk bersenang-senang maupun untuk mencari ilmu.

Indonesia meruapakan negara yang hanya memiliki dua musim dan berada di daerah khatulistiwa tidak mengherankan jika di Indonesia selalu hangat, tidak terlalu dingin maupun terlalu panas, dengan keadaan yang seperti ini sangatlah cocok bagi para turis asing untuk datang di Indonesia khususnya pada libur musim dingin dan libur musim panas. Libur musim dingin banyak dimanfaatkan para turis asing datang ke Indonesia untuk menghangatkan diri karena terlalu dinginnya cuaca disana, dan Libur musim panas sering dimanfaatkan oleh para turis asing untuk mencoklatkan badan dan juga menikmati summer vacation yang ada di Indonesia.

Pariwisata Indonesia merupakan salah satu sektor penting yang menyumbangkan aset besar ke kas negara, maka dari itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah semakin mengejar potensi pariwisata di Indonesia, terlebih lagi mengingat Indonesia yang memiliki beribu-ribu potensi wisata alam yang tersebar di seluruh wilayah nusantara dari Sabang hingga Merauke.

Masyarakat Indonesia rata-rata memiliki hari libur panjang saat libur akhir semester ganjil yang biasanya bertepatan dengan libur akhir tahun dan juga libur hari natal, namun pada tahun ini Indonesia memiliki hari libur panjang yang bertambah satu karena pada tahun ini hari raya idul fitri juga bertepatan pada libur akhir semester genap sehingga hari libur ini tidak tanggung-tanggung selama satu bulan full libur akhir semester genap dan libur hari raya idul fitri diberikan. Moment libur ini tentunya dimanfaatkan banyak orang untuk bersantai di rumah maupun berlibur dan juga mudik ke kampung halaman.

Musim Kemarau di Indonesia yang juga bertepatan saat libur hari akhir semester genap dan juga libur hari raya idul fitri ini merupakan moment yang tepat untuk benar-benar merasakan liburan karena saat musim penghujan banyak orang yang tidak ingin keluar dari rumah karena tidak ingin sakit karena kehujanan, dan saat musim penghujan jika ingin berlibur ke wisata alam ataupun outdoor merupakan ide yang tidak cukup baik, sehingga moment musim kemarau ini seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk berlibur.

Musim panas yang terjadi di negara empat musim selalu bertepatan dengan Musim Kemarau di Indonesia hal ini membuat kondisi di Indonesia menjadi memiliki cuaca yang cerah, dan hangat, sehingga tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang ingin memanfaatkan waktunya untuk berlibur di hari-hari yang cerah ini namun juga para turis dari luar negeri yang juga ingin berkunjung ke Indonesia mengingat potensi pariwisata Indonesia yang sangat beragam.

Hari yang cerah sangatlah disukai hampir seluruh umat manusia di muka bumi ini karena dengan hari yang cerah membawa energi yang positif sehingga membangkitkan semangat untuk beraktivitas tak terkecuali aktivitas liburan. Hari yang cerah dengan penyinaran matahari yang optimal tentunya berlibur ke pantai maupun ke laut ataupun  berkunjung ke sebuah pulau untuk snorkeling maupun diving adalah ide yang cukup menarik, karena dengan penyinaran matahari yang optimal ini jika terkena ke dalam air yang jernih maka isi dari dalam air tersebut akan terlihat dengan jelas, tidak terkecuali di lautan, kita pun bisa menikmati indahnya pesona bawah laut yang disuguhkan Negeri Ibu Pertiwi ini dengan sangat jelas dan tentunya akan memanjakan mata.

Wisata bawah laut di Indonesia dengan melakukan snorkeling maupun diving rupanya mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara karena pesona yang diberikan benar-benar membuat siapa aja yang datang melihatnya ingin berlama-lama disana dan ingin berkunjung kembali seperti penjelasan dari Sapta Pesona Pariwisata Indonesia. Wisata bawah laut ini sudah banyak dikenalkan di berbagai provinsi di Indonesia dari wilayah barat hingga ke wilayah timur Indonesia.

Wilayah timur Indonesia memang terkenal dengan sejuta pesona bawah lautnya terutama pada pesona surga Indonesia, Raja Ampat yang berada di Papua. Namun, di wilayah tengah Indonesia sendiri juga memiliki surga pariwisata Indonesia, yaitu Pulau Bali yang memiliki sejuta daya tarik yang membuat semau orang ingin kesana, tidak hanya masyarakat Indonesia tetapi juga dari mancanegara juga sudah mengenal pesona surga pariwisata Indonesia ini. Wilayah barat Indonesia memang terkenal dengan segi pemerintahan Indonesia, hal ini tidak mengherankan karena Ibukota negara Indonesia berada di wilayah barat Indonesia, namun siapa sangka wilayah barat Indonesia juga menyimpan sejuta “Bidadari” yang malu-malu untuk menampakkan dirinya.

Lampung merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di wilayah barat Indonesia yang merupakan salah Provinsi di Pulau Sumatra. Lampung yang terkenal dengan Taman Nasional Way Kambas yang merupakan Taman Nasional perlindungan Gajah yang berada di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur ini juga memiliki “Bidadari” yang sangat cantik yang masih malu-malu menunjukan paras cantiknya ini.

ohelterskelter.com(4)

Pulau Pahawang adalah salah satu dari “Bidadari” asal Provinsi yang terkenal dengan Gajahnya yaitu Lampung. Disebut “Bidadari” Lampung karena memang Pulau ini menyimpan sejuta pesona dan menjadi salah satu destinasi yang paling ingin dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan sedang gencar-gencarnya dipromosikan oleh Pemerintah setempat agar masyarakat luas lebih mengenal sang Bidadari ini jauh lebih dekat.

Pulau Pahawang sendiri terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan dan Pulau ini juga mempunyai dua pulau utama yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang kecil. Selain dari Pulau Pahawang sendiri disana juga terdapat destinasi lain seperti  Pulau Kelagian dan juga Tanjung Putus yang bisa dikatakan satu komplek dengan Pulau Pahawang ini.

Perjalanan di Pulau Pahawang akan dimulai di Dermaga Ketapang. Dermaga Ketapang merupakan dermaga yang berada di Lampung yang akn mengantar para pengunjung untuk menikmati indahnya Pulau Pahawang dengan kapal kecil. Perjalanan dari Dermaga Ketapang menuju ke Pulau Pahawang cukup memakan waktu yang lama, namun perjalanan ini tidak akan terasa karena pemandangan yang indah bak melihat bidadari disuguhkan di komplek Pulau Pahawang ini. Sekitar perjalanan 45 menit pengunjung akan disambut oleh Pulau Pahawang Kecil disana merupakan salah satu spot terbaik untuk berkemah bersama teman-teman maupun keluarga yang diajak karena di Pahawang Kecil merupakan spot yang kecil dan tidak terlalu luas sehingga sangat cocok untuk berkemah.

ohelterskelter.com(5)

Perjalanan dari Pahawang  Kecil, pengunjung dimanjakan dengan warna lautan yang hijau kebiruan dan bukit-bukit yang membentang semakin membuat nyaman dan perjalanan yang panjang tidak membuat masalah yang berarti, setelah dari Pahawang Kecil maka pengunjung akan disambut oleh Tanjung Putus yang merupakan salah satu spot yang bagus untuk snorkeling dan menemui para ikan-ikan nemo dan ikan-ikan kecil lainnya dan juga terumbu karang yang indah juga turut disuguhkan disana. Selian itu di Tanjung Putus ini juga akan ditemui tempat budidaya ikan kerapu, yang tentunya membuat liburan kali ini lebih lengkap, tidak hanya sekadar berlibur namun juga sarana edukatif juga turut diberikan.

ohelterskelter.com (2)

Setelah usai di Tanjung Putus perjalanan akan kembali disambut oleh lautan yang jernih yang memanjakan mata dan tenangnya air disana membuat pengunjung semakin merasa senang melalui semua perjalanan yang ada. Setelah Tanjung Putus kemudian barulah pengunjung akan disambut oleh Pulau Pahawang yang terdiri dari Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil.

Pulau Pahawang Besar terkenal dengan Spot terbaik untuk menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan, disana juga  terdapat spot foto underwater yang berlatarkan tulisan “I LOVE YOU PAHAWANG” yang mengundang banyak pengunjung untuk berfoto di bawah laut sedalam 2 meter ini. Selain Pulau Pahawang Besar disana juga terdapat Pulau Pahawang Kecil yang cukup menarik untuk dikunjungi karena pemandangannya yang indah pula, namun di Pulau Pahawang Kecil ini pengunjung sedikit kurang bisa bebas dalam melakukan perjalanan karena Pulau Pahawang Kecil ini sudah dibeli oleh Pengusaha yang berasal dari Perancis sehingga pengunjung dibatasi  dalam mengunjungi Pulau Pahawang Kecil ini, namun diamping itu Pahawang Besar juga tidak kalah menyimpan sarana edukatif dengan adanya tempat budidaya ikan kerapu yang bisa ditemui selain di Tanjung Putus sehingga bagi para pengunjung yang melewatkan sarana edukatif di Tanjung Putus ini dapat kembali ditemui di Pulau Pahawang Besar.

So, bagian kalian yang ingin memanfaatkan moment liburan yang amat panjang ini mengunjungi sang bidadari asal Lampung ini tentunya merupakan salah satu ide yang cukup menyenangkan bersama keluarga tercinta, sehingga hubungan antar sesama anggota keluarga akan jauh lebih hangat sehangat matahari yang menyinari Indonesia di musim panas ini, dan Pulau Pahawang akan siap menyambut kalian di Tanah Lampung. Sampai bertemu dengan sang bidadari Lampung!

ohelterskelter.com (3)

Baca juga : Berkemah Asik Bersama Pantai Wediombo

Text by : Jagadawe

Photo by : helterskelter.com, acc.co.id

Salah satu media digital yang membahas berita seputar lifestyle remaja terkini.

Keyword :



FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This