1



Cover - Front

Sugar Bitter, band asal kota Port of Java yang berada dibawah aliran indie rock telah merilis EP terbaru dan pertama mereka pada hari Minggu, 24 April 2016 lalu tak disangka-sangka dihadiri banyak penonton yang datang dan EP ini menjadi Gear Starter bagi karir Sugar Bitter kedepannya.

EP Spark Plug ini berisi 6 single, Casket of Cosiness, Caffeinated Man, Story Teller, You Only Die Once, Melancholic Triumph, Heart Failure. Musik dari Spark Plug itu sendiri berada di bawah payung indie rock yang sempat menjamur di tahun 2000an dengan memasukkan beberapa unsur dari beragam genre terutama post-punk revival dan garage rock. Riff gitar dan ritem yang saling berpautan menjadi fokus utama dari musik Sugar Bitter, dipadukan dengan drum yang agresif serta bass yang mengikat keseluruhan lagu. Vokal yang padat dan tajam menjadi titik tengah dari lagu mereka. Selain itu, Sugar Bitter juga terpengaruh unsur dari stoner rock dan desert rock yang menyebabkan musik mereka agresif dan berenergi, dan juga dengan sentuhan mood psychedelic sehingga  memberikan suasana dark dengan modulasi semacam delay dan rotary.

Single-single yang diciptakan oleh Sugar Bitter tentunya memiliki arti sendiri bagi mereka dan cerita apa dibalik sebuah single tersebut, Casket of Cosiness bercerita tentang perasaan aneh yang tidak bisa dijelaskan mengenai seseorang yang akan pergi ke kehidupan barunya yaitu ke dunia luar dan meninggalkan tempat lamanya demi mencari kehidupan yang sesungguhnya. Orang tersebut sebenarnya memiliki bekal yang mumpuni dan juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Namun, ketakutan dan keraguan pun muncul di saat yang bersamaan ketika dia merasa sangat excited untuk menyambut kehidupan barunya . Perasaan yang campur aduk antara senang, sedih, khawatir, ragu, dan juga haru tercampur manis di lagu ini.

Caffeinated Man, menceritakan seseorang yang memiliki kebutuhan pada kopi atau kafein pada taraf yang ekstrim. Pada lagu ini digambarkan bahwa seseorang menganggap kopi adalah sebuah potion atau minuman suci yang apabila tidak dikonsumsi dapat menyebabkan orang tersebut tidak memiliki adrenalin untuk melakukan sesuatu yang berakibat fatal.

Story teller, sebenarnya menceritakan kisah yang sederhana dan kerap disuarakan oleh masyarakat, yakni mengenai politisi atau aparat pemerintah yang terus menghamburkan omongan kosong dan berakting seperti dia melakukan hal yang benar padahal dibalik itu semua hanyalah kebohongan semata.

You Only Die Once, menceritakan kisah seseorang yang mengidam-idamkan seorag wanita yang high class atau singkat kata sulit untuk didapatkan. Namun, karena hidup hanya sekali atau bisa disebut juga you only die once maka kejarlah dia secara mati-matian karena tetap ada kemungikinan pastinya.

Melancholic Triumph, lagu yang bertema klasik yaitu percintaan. Lagu ini menceritakan tentang kisah sesorang yang seenaknya sendiri yaitu ketika dia menyakiti pasangannya dan meninggalkannya tetapi kemudian dia mencoba untuk kembali lagi karena menyadari pada akhirnya keputusannya adalah salah dan tentunya gagal.

Heart Failure, sejauh ini adalah lagu dengan lirik favorit A. Luthfi Maajid karena lagu ini menggunakan metafora secara keseluruhan. Lagu ini menceritakan kisah dari seorang pembunuh bayaran. Pembunuh tersebut datang secara tiba-tiba, tak terduga-duga, tak kasat mata, tetapi sangat kejam dan tidak berbelas kasih. Hal ini kemudian dimetaforkan sebagai heart failure atau penyakit jantung karena penyakit tersebut memiliki kriteria yang sama yakni tidak terduga-duga dan juga sangat kejam dalam merenggut jawa seseorang. Pada keseluruhan lagu Luthfi menjelaskan pembunuh bayaran tersebut secara eksplisit dengan menjelaskan kisah penyakit jantung.

So, pasti kalian semua penasaran dengan semua cerita dibalik lagu-lagu Sugar Bitter yang inspiratif dan menyentuh, pastikan kalian punya rilisan fisik dari EP Spark Plug ini karena hanya satu single yang bisa kalian dengarkan secara gratis via souncloud yaitu Caffeinated Man, kalian bisa mampir ke web mereka di sugarbitterband.com

Salah satu media digital yang membahas berita seputar lifestyle remaja terkini.

Keyword :



FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This