Jalan pembuka berupa mini album yang akan dirilis dalam waktu dekat.

 

Longlifemagz – Setelah perilisan album Catatan dari Sudut Kota pada 2014 lalu, pundi karya yang dimiliki Provokata dapat dikatakan kering. Berdasarkan latar belakang itu, mereka pun berupaya mengumpulkan satu demi satu lagu untuk menindaklanjuti proses kreatif selama berada di dalam studio. Pada akhir 2015, Provokata merekam dua lagu yang diproyeksikan untuk album kedua, berjudul “Vox Acta Diurna, Vox Dei” dan “Silenus (27:2)”. Namun, dua lagu itu malah termaktub dalam album kompilasi And No One Can Prevent This Rage to Born! (Stonedzombies, 2016).

Sindikat pseudo-grindcore asal Semarang yang beranggotakan Galang Aji Putro (vokal), Gagas Agung Sedayu (gitar), Vivid Wicaksono (bass), dan Rudy Kusdiyanto (dram) itu pun tampak “terganggu” dengan situasi yang mereka ciptakan sendiri. Pada akhir 2016, mereka melanjutkan sesi perekaman untuk proyek album mini secara nyata. Kabarnya, proyek album mini itu akan dirilis menjelang akhir 2017. Sebagai pemanasan, Provokata memperkenalkan salah satu lagu yang nantinya terdapat dalam album mini itu, berjudul “Manusia X Tuhan”. Terhitung sejak Minggu (19/11/2017) Provokata resmi meluncurkan lagu itu melalui kanal Bandcamp mereka.

“Manusia X Tuhan” merupakan representasi sebuah klaim terhadap kebenaran hakiki. Provokata memandang adanya upaya dan gelagat kelompok masyarakat hari ini yang berusaha keras memaksakan kebenaran sesuai dengan perspektif satu pihak saja. “Kami berusaha memahami bahwa segala keyakinan merupakan pengalaman pribadi yang tak harus dipandang dari mata yang sama,” ujar Galang.

Bagi mereka, ada pertanyaan arkais yang pernah diajukan, bahkan setua langit. “Lebih dahulu mana dalam proses penciptaan; siapa menciptakan siapa? Lalu, kepada siapa doa-doa yang terlantun itu ditujukan; kepada kebenaran absolut ataukah kepada pembenaran terhadap ego manusia?” Gagas menimpali. Segala kelam dan keresahan tersebut—kata-kata yang kemudian dirakit merupa serapah—dirapal Provokata di sepanjang arteri dan vena sehingga mengotori pembuluh-pembuluh itu. (*)

 

Photo by doc. Provokata

 

 

 

 

 

Salah satu media digital yang membahas berita seputar lifestyle remaja terkini.

FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This