4-puncak-gunung-tertinggi

Semarang – Apakah liburan kamu ingin berbeda dan lebih seru? Apa kamu punya cita-cita ingin pergi ke Bukit Teletubbies seperti yang terdapat di serial kartun Teletubbies? Maka jika begitu, tepatlah jika kamu pergi dan mendaki Gunung Prau. Mumpung masih libur, ayo persiapkan diri dan berkemaslah, habiskan waktu liburanmu di Gunung Prau yang mempunyai keindahan bukit-bukit yang mempesona.

Liburan sudah datang waktunya kamu untuk berkemas dan me-refreshing-kan sejenak dari rutinitas dan pekerjaan sehari-hari. Banyak cara untuk memanfaatkan liburan agar berkualitas, salah satunya adalah dengan mendaki gunung. Bagi sebagian orang mendaki Gunung adalah kegiatan yang membuat letih, namun hal itu tidak selamanya benar. Terdapat beberapa manfaat dalam mendaki Gunung, selain membuat fisik menjadi sehat juga dapat memanjakan mata dan pikiran dengan pemandangan alam yang disajikan oleh Gunung.

Banyak Destinasi Gunung di Indonesia yang recomended untuk didaki, salah satunya adalah Gunung Prau. Gunung Prau merupakan salah satu gunung yang mempunyai pemandangan yang mempesona dan mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan gunung-gunung yang lain. Terdapat padang sabana yang luas dan hamparan bukit-bukit, yang terdapat di Gunung Prau yang dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies. Dinamai Bukit Teletubbies, karena pemandangannya mirip seperti yang terdapat di serial kartun Teletubbies.

Gunung Prau merupakan Gunung yang terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Dengan tinggi mencapai 2.565 Mdpl, Gunung Prau menjadi salah satu puncak Gunung tertinggi yang berada dikawasan tersebut. Gunung Prau merupakan tapal batas antara tiga Kabupaten yang ada di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo. Untuk mencapai Bukit Teletubbies Gunung Prau, kalian dapat melalui beberapa akses jalur salah satunya adalah melalui jalur Patak Banteng yang terletak di Jalan Dieng Km. 24 kawasan pegunungan Dieng, Kejajar, Wonosobo. Untuk mencapai ke Bukit Teletubbies melalui Jalur Patak Banteng membutuhkan waktu kira-kira 3 – 4 jam, namun semua itu tergantung bagaimana pendaki saat melakukan pendakiannya. Trekking untuk dapat mencapai Bukit Teletubbies juga tidak terlalu sulit, banyak trek-trek pendakian yang landai dan tidak terlalu curam.

Saat awal melukan pendakian, para pendaki harus melakukan registrasi dan pendataan diri di Basecamp. Disekitar Basecamp banyak terdapat warung-warung jananan maupun kios-kios penyewaan perlengkapan mendaki. Jadi jika belum membeli makanan atau logistik yang dibawa kurang lengkap, kamu dapat terlebih dahulu melengkapi dan membeli kebutuhan logistik disini. Jika sudah lengkap semua, maka barulah untuk melakukan pendakian.

Untuk dapat mencapai ke Bukit Teletubbies para pendaki harus terlebih dahulu melewati Pos 1 Sikut Dewo, Pos 2 Canggal Walangan, dan Pos 3 Cacingan. Bila saat melakukan pendakian ingin terhindar dari terik matahari dan dapat menyaksikan Golden Sunrise, maka di anjurkan pendakian dimulai pada malam hari ataupun dini hari. Hal itu dimaksudkan, agar saat pendakian berlangsung, para pendaki tidak terlalu lemas, atau kepanasan sehingga menyebabkan dahaga. Selain itu saat sampai di Bukit Teletubbies, para pendaki dapat menyaksikan keindahan Golden Sunrise.

Pendakian dimulai, dari basecamp para pendaki akan melewati rumah-rumah penduduk. Jalur trekkingnya belum terlalu banyak menanjak dan seringkali banyak trek yang landai. Sekitar 45 menit melakukan perjalanan, maka para pendaki akan tiba di Pos 1 Sikut Dewo. Penjalanan dilanjutkan, para pendaki akan memasuki kawasan hutan dari Gunung Prau. Trek dari Pos 1 Sikut Dewo menuju Pos 2 Canggal Walangan cukup menanjak, namun jangan risau karena treknya terdapat beberapa anak tangga buatan sehingga lebih memudahkan bagi para pendaki untuk melakukan pendakian. Dari Pos 2 Canggal Walangan menuju Pos 3 Cacingan jalurnya lebih sulit dari pada sebelumnya, treknya sedikit terjal dan cukup banyak dijumpai bebatuan-bebatuan. Dijalur ini terdapat beberapa spot yang dapat digunakan unntuk membangun tenda atau beristirahat. Jika para pendaki merasakan lelah ataupun lapar, para pendaki dapat beristirahat di sekitar jalur Pos 3.

Untuk dapat mencapai Bukit Teletubbies, maka para pendaki mesti kembali melakukan perjalanan dan melewati Pos 3 terlebih dahulu. Trek dari Pos 3 Cacingan menuju Bukit Teletubbies lebih menanjak dan sedikit curam, para pendaki akan lumayan terkuras tenaganya disini. Bagi pendaki yang mulai lelah diharapkan beristirahat terlebih dahulu, hal itu untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Estimasi perjalanan dari Pos 3 Cacingan menuju Bukit Teletubbies sekitar 1 jam. Para pendaki akan segera sampai ditandai dengan sudah tampaknya bukit-bukit yang menjulang tinggi dan mulai menemuinya bunga-bunga Daisy.

Jika diamati Bukit Teletubbies, Gunung Prau sangatlah mirip dengan Bukit Teletubbies yang ada diserial kartun Teletubbies. Banyaknya bukit-bukit kecil yang menjulang, keindahan pemandangan alam, dan hamparan rumput yang luas di Bukit Teletubbies, menjadikan bukit ini diberi nama Teletubbies. Saat sampai di Bukit Teletubbies, keletihanmu akan terbayarkan dengan pemandangan yang disajikan oleh Gunung Prau. Bukit-bukit yang menghiasinya sangatlah indah, apalagi jika ditambah dengan sinar cahaya golden sunrise, maka termanjakanlah mata kamu dengan keindahan tersebut. Dari atas Bukit Teletubbies kamu dapat melihat keindahan hamparan alam, rumah-rumah, bahkan keindahan Gunung Sindoro dan Sumbing. Selain itu di Bukit Teletubis juga dapat terlihat jajaran keindahan dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan juga Gunung Lawu. Jika ditegaskan keindahan pemandangan Bukit Teletubbies dapat kalian lihat disalah satu produk air mineral Indonesia karena pemandangan tersebut diilustrasikan dan diabadikan di setiap produk-produk tersebut.

Banyak hal yang dapat kalian lakukan saat berada di Bukit Teletubbies, salah satunya adalah kalian dapat mengitari Bukit Teletubbies secara keseluruhan atau bermain kejar-kejaran bersama kawan-kawan pendaki, jelas hal itu akan menambah keseruan saat kamu berada di Bukit Teletubbies. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh salah satu pendaki, perihal kesan-kesan saat mendaki Gunung Prau dan berada di Bukit Teletubbies “Menurut saya Mendaki Gunung Prau itu sangat  menyenangkan. Apalagi saat sampai di Bukit Teletubbies, tempatnya bagus dan luas. Karena luas, saya sempat bermain kejar-kejaran bersama kawan-kawan saya. Selain itu juga pemandangannya bagus, banyak spot-spot yang bagus untuk didokumentasikan. Bukit Teletubbies Gunung Prau sangatlah mirip seperti yang ada di serial kartun Teletubbies, tapi sayang di Bukit Teletubbies saya tidak bertemu dengan Teletubbies, padahal sudah saya cari bersama kawan-kawan saya waktu itu. Hehehe. Tapi yang jelas tetap seru ko saat berada disana” Ujar Irfan Wahid selaku salah satu pendaki Gunung Prau saat diwawancara tim Longlife Magazine.

Memang tidak dapat disangkal keseruan mendaki Gunung Prau serta keindahan Bukit Teletubbies, dapat menjadikan sebuah kenangan maupun kesan positif bagi setiap pendaki dan itu merupakan salah satu daya tarik yang disajikan oleh Gunung Prau. Oleh karenaya Gunung ini selalu dijadikan salah satu destinasi yang recomended untuk dikunjungi. Jadi, mumpung masih libur, ayo persiapkanlah diri dan berkemaslah, manfaatkan liburanmu mendaki Gunung Prau. Karena Gunung Prau yang menyajikan keindahan akan bukit-bukit pokoknya jangan sampai terlewatkan.

ade lang lang harimurti

bukit-teletabies-puncak-gunung-prau

padang-rumput

 

Baca juga     : Danau Labuan Cermin, Berenang di Air Dua Rasa Asal Pulau Borneo Kalimantan

Text By           : Dirham Rizaldi

Photo By         : Ade Lang Lang Hari Murti

Salah satu media digital yang membahas berita seputar lifestyle remaja terkini.

Keyword :



FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This