OLYMPUS DIGITAL CAMERAPhoto by wakatobi.com

Indonesia Destinasi Selam Terbaik dunia

 

Pesona alam di negeri kita ini memang tidak ada hentinya memukau hati para wisatawan. Apalagi soal destinasi wisata air, sudah tidak dapat diragukan lagi karena sebagian besar pulau di Indonesia  yang dikelilingi oleh  hamparan laut luas. Salah satunya seperti Kepulauan Wakatobi yang terletak di Propinsi Sulawesi Tenggara ini.

Wakatobi sendiri merupakan sebuah singkatan yang diciptakan dari nama-nama pulau besar disana yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sebelum dikenal sebagai destinasi wisata, tempat ini dulunya terkenal sebagai tempat para pandai besi berasal. Tidak hanya keindahan lautan biru dan kekayaan hayati laut melimpah ruah didalamnya, tradisi budaya masyarakat yang masih melekat disini juga pasti menarik hati dan tidak akan cukup anda nikmati hanya dalam waktu singkat!

Ketika mendengar kata Wakatobi, yang terlintas di telinga para wisatawan pasti adalah menyelam. Selain menawarkan kedalaman dan panorama keindahan bawah laut bervariasi, arusnya pun tidak terlalu kencang, serta visibility luar biasa membuatnya diincar oleh divers baik dari dalam maupun luar negeri. Namun jangan khawatir, bagi yang belum terlatih untuk diving, kita dapat menemukan tempat snorkeling tersebar dimana-mana. Kita juga dapat berkunjung ke Pantai Cemara yang terdapat barisan pohon cemara di tepiannya, atau pantai unik Pantai Moli’i Sahatu yang bermata air tawar. Pulau Hoga juga tidak kalah memukau  dengan pasir putih dan air laut jernih nan indah berhiaskan terumbu-terumbu karang.

Baca : Pesona Pura Besakih Pura Terbesar di Indonesia

Wisata lainnya yang dapat kita kunjungi adalah Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi dimana terdapat 25 titik selam berbeda yang memiliki 112 jenis terumbu karang, dan sekitar 90an jenis ikan. Sementara yang lain bersantai sembari ditemani angin semilir di tepi pantai, akan terasa beda sensasinya melihat pemandangan elok sekitar kita lebih jelas dengan menaiki puncak bukit Kahyangan di Pulau Tomia. Pulau ini juga menjadi destinasi paling terkenal karena titik-titik selamnya yang luar biasa. Eits, jangan salah, selain kaya akan tempat wisata kepulauan ini menjadi salah satu pewaris budaya yang masih melekat pada diri masyarakatnya. Kalian tetap dapat melihat berbagai tarian adat seperti tari eja-eja, tarian mborira, dan berbagai tari lainnya yang akan mereka tampilkan pada waktu-waktu tertentu.

originaldiving

Beberapa hal yang harus kalian siapkan adalah dive license sebagai akses untuk para diving maniac, akan terasa percuma berwisata kesini tanpa mencoba titik selamnya! Kamera underwater pun sudah pasti siap ditangan. Serta yang terpenting adalah baterai atau pengisi daya baterai alat elektronik, jika anda ingin berkunjung ke tempat lain selain Pulau Wangi-wangi. Dikarenakan disana daya listrik hanya dinyalakan mulai pukul 6 sore sampai pukul 6 pagi.

Nah, untuk dapat sampai ke tempat ini kalian dapat melewati jalur udara maupun laut. Beberapa pesawat kecil sudah menyediakan penerbangan ke kepulauan ini yang biasanya mendarat di Bau-Bau, atau kalian dapat menempuh jalur laut dengan menggunakan kapal dari Kendari. Tiket untuk kapal dapat dibayarkan saat sampai di pelabuhan atau saat menaiki kapal tersebut. Perjalanan melalui jalur laut memang akan memakan waktu agak lama yaitu sekitar 10-12 jam, tetapi anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari pulau sekitar dan bahkan lumba-lumba atau paus yang memang masih dibiarkan lepas pada habitatnya.

idwikipediaorg

Baca : Ngarai Sianok, Lembah yang Berprestasi

So, apakah anda masih ragu untuk menjadikan Wakatobi sebagai destinasi berikutnya?!

 


FIND US ON

ABOUT US

Longlife Magazine merupakan salah satu media digital seputar lifestyle remaja terkini. Kami memiliki beberapa rubrik mengenai lifestyle, event terkini, dan cerita inspirasi  dari para pelaku industri kreatif yang menarik untuk kalian ikuti.

Media ini diterbitkan sejak Februari 2015 sebagai media alternatif, efektif dan strategis yang memuat aneka ragam informasi bagi para pembacanya.

 

Pin It on Pinterest

Share This